Pada dasarnya penggunaan Sistem
Informasi dapat diterapkan di berbagai bidang bisnis, tidak terkecuali dengan
bisnis online yang saat ini tengah booming di kalangan masyarakat di Indonesia.
Bisnis online atau E-Business saat
ini tengah tumbuh pesat mengisi pasar di Indonesia, melalui media Internet
Marketing strategi bisnis online sangat membantu konsumen dalam mencari
produk-produk berdasarkan view dan review di berbagai website e-commerce saat
ini.
Tidak hanya e-commerce Sistem
Informasi juga merambah ke dunia bisnis Manuacture dan Jasa seperti halnya
layanan Ojek Online, Taksi Online, Kurir Online, dll. Hal tersebut membuat
E-Bisnis (Start-up) tumbuh subur di Indonesia.
(Sekilas improfisasi ya… Okeh,
sekarang kita ke materi pembahasan) Kuy à
SISTEM E-BUSINESS
E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak
saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan
pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun
instansi). E-business diturunkan dari istilah seperti “e-mail” dan
“e-commerce”, yaitu bisnis di internet. E-business adalah istilah yang lebih
umum dari e-commerce karena tidak hanya mengarah pada aktifitas membeli dan
menjual melainkan melayani konsumen dan bekerja sama dengan rekan-rekan bisnis
lainnya atau dengan kata lain E-business merupakan interaksi dengan rekan-rekan
bisnis.
Salah satu yang pertama kali menggunakan istilah tersebut adalah
IBM, bulan oktober 1997. sekarang perusahaan-perusahaan besar kembali memikirkan
bisnis mereka di dalam hal internet dengan kebudayaan dan kemampuanya yang
baru. Perusahaan-perusahaan sekrang menggunakan web untuk membeli peralatan dan
persediaan dari perusahaan lain untuk kemudian bekerja sama dalam promosi
penjualan, dan mereka melakukan penelitian bersama-sama. Dengan memanfaatkan
kenyamanan, keberadaan dan jangkauan yang mencapai seluruh dunia, banyak
perusahaan seperti Amazon.com dan eBay.com.
E-business adalah sebuah ilmu untuk membawa proses kepada orang
yang tepat dan mengajak orang untuk tertarik pada produk itu sehingga
membelinya. Tanpa e-business, e-commerce hanya sebuah mobil tanpa bahan bakar.
Fungsi dari e-business yaitu untuk mensupport bagian dari marketing, produksi,
accounting, finance, dan human resource management. Proses transaksi online
memegang peranan yang sangat penting pada e-business
PEMBAGIAN E-BUSINESS
E-BUSINESS dibagi menjadi 4 bagian :
1. Customer
Relationship Management (CRM) :
sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan
personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut
hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang meliputi : Sales, Pemasaran,
Data-Data Penjualan dan Pelayanan, (Customer Relation Care).
2. Enterprise
Resource Planning (ERP) : sistem
informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan
perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan
payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau menyangkut
hubungan dalam-internal perusahaan tersebut, yang meliputi : Production
planning, integrated logistics, Accounting and Finance, Human Resource, Sales
and distribution, order management.
3. Enterprise
Aplication Program (EAI) : merupakan
konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling
bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM
atau ERP dengan CRM.
4. Supply Chain
Management (SCM) : manajemen rantai
supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara
perusahaan dengan supplier.
ENTERPRISE RESOURCE PLANNING (ERP)
ERP adalah sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk
mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan
untuk proses bisnis lengkap. Sistem ERP didasarkan pada database pada umumnya
dan rancangan perangkat lunak modular. ERP merupakan software yang
mengintegrasikan semua departemen dan fungsi suatu perusahaan ke dalam satu
system komputer yang dapat melayani semua kebutuhan perusahaan, baik dari
departemen penjualan, HRD, produksi atau keuangan.
Syarat terpenting dari sistem ERP adalah Integrasi Integrasi
yang dimaksud adalah menggabungkan berbagai kebutuhan pada satu software dalam
satu logical database, sehingga memudahkan semua departemen berbagi informasi
dan berkomunikasi. Database yang ada dapat mengijinkan setiap departemen dalam
perusahaan untuk menyimpan dan mengambil informasi secara real-time. Informasi
tersebut harus dapat dipercaya, dapat diakses dan mudah disebarluaskan.
Rancangan perangkat lunak modular harus berarti bahwa sebuah bisnis dapat
memilih modul-modul yang diperlukan, dikombinasikan dan disesuaikan dari vendor
yang berbeda, dan dapat menambahkan modul baru untuk meningkatkan unjuk kerja
bisnis.
CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM)
CRM adalah strategi bisnis yang terdiri dari software dan
layanan yang didesain untuk meningkatkan keuntungan (profit), pendapatan
(revenue) dan kepuasan pelanggan (customer satisfaction). Secara khusus CRM
berusaha memberikan layanan yang sifatnya professional sehingga dapat
memberikan kepuasaan yang tinggi pada pelanggannya.
Cara Kerja CRM
Dengan membantu berbagai bentuk perusahaan untuk
mengidentifikasi pelanggannya dengan tepat, memperoleh lebih banyak pelanggan
dengan lebih cepat, dan mempertahankan kesetiaan pelanggannya. Sistem CRM
berusaha menyediakan sebuah pendekatan terintegrasi terhadap semua aspek dalam
perusahaan dalam kaitannya dengan pelanggannya, yang meliputi marketing, sales
dan support.
Tujuan system CRM yaitu dengan penggunaan tekhnologi diharapkan terjadi
jalinan hubungan yang kuat antara perusahaan dan pelanggannya. Dengan kata
lain, perusahaan berusaha mengelola kinerja perusahaannya dengan lebih baik.
ENTERPRISE APPLICATION INTERGRATION (EAI)
EAI adalah proses program aplikasi komputer perusahaan untuk
meningkatkan fungsionalitas dan kinerja. Pada dasarnya EAI melakukan share data
antara aplikasi. EAI dapat memiliki beberapa tujuan, dapat menghubungkan
database, berbagi data dan menyediakan database cadangan dalam kasus suatu
masalah yang timbul. EAI juga dapat menyediakan data penyimpanan, menyalurkan data
dari beberapa database menjadi satu untuk digunakan secara optimal. Bisnis juga
menggunakan EAI untuk menyelesaikan transaksi bisnis tunggal pada beberapa
sistem.
Jadi dapat dikatakan bahwa EAI berfungsi untuk menghubungkan proses backend dan frontend yang ada di sebuah perusahaan. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah perusahaan besar pastinya menggunakan beberapa aplikasi dengan berbagai macam bahasa pemrograman dan format data yang berbeda dan juga terhubung dengan beberapa DBMS yang berbeda (ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM). EAI ini merupakan solusi yang digunakan agar berbagai aplikasi dan DBMS tersebut dapat saling berkomunikasi. Jika sebelumnya frontend dan backend sistem bekomunikasi dan bertukar data secara langsung, EAI ini adalah perantara untuk pertukaran data tersebut.
SUPPLY CHAIN MANAGEMENT (SCM)
Pengertian Supply Chain
adalah sebuah proses bisnis dan informasi yang berulang yang menyediakan produk
atau layanan dari pemasok melalui proses pembuatan dan pendistribusian kepada
konsumen. Sedangkan menurut Indrajit dan Djokopranoto supply chain
adalah suatu tempat sistem organisasi menyalurkan barang produksi dan jasanya
kepada para pelanggannya. Rantai ini juga merupakan jaringan dari berbagai organisasi
yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan yang sama, yaitu sebaik mungkin
menyelenggarakan pengadaan atau penyalur barang tersebut.
Manajemen Pengertian
Manajemen adalah teknik atau seni untuk mengarahkan dan menggerakkan orang lain
dalam rangka mencapai tujuan. Fungsi-fungsi manajemen Fungsi-fungsi manajemen yang utama adalah : (Planing), yaitu merencanakan apa yang akan
mereka lakukan, kemudian mengorganisasikan (Organize) untuk mencapai rencana
tersebut. Selanjutnya mereka menyusun staf (Staff) organisasi mereka dengan
sumber daya yang diperlukan. Dengan sumber daya yang ada, mereka mengarahkan
(Directing) untuk melaksanakan rencana. Akhirnya mereka mengendalikan (Control)
sumber daya, menjaganya agar tetap beroperasi secara optimal.
Pengertian Supply Chain Management Menurut (Schroeder)
Supply Chain Management (SCM) adalah perancangan, desain, dan kontrol arus
material dan informasi sepanjang rantai pasokan dengan tujuan kepuasan konsumen
sekarang dan di masa depan.
Pengertian Supply Chain Management Menurut (Simchi-Levi et
al) Supply Chain Management (SCM) adalah suatu pendekatan dalam mengintegrasikan berbagai organisasi
yang menyelenggarakan pengadaan atau penyaluran barang, yaitu supplier,
manufacturer, warehouse dan stores sehingga barang-barang tersebut dapat
diproduksi dan didistribusikan dalam jumlah yang tepat, lokasi yang tepat,
waktu yang tepat dan biaya yang seminimal mungkin.
Dari kedua definisi
diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa SCM adalah suatu rantai pengadaan barang
kepada pelanggan dalam rangka menjamin ketersediaan material dan
meminimalisasikan biaya. Tujuan Supply ChainTujuan supply chain manajemen
berdasarkan definisi diatas adalah :
1. Supply chain manajemen
menyangkut pertimbangan mengenai lokasi setiap fasilitas yang memiliki dampak
terhadap aktivitas dan biaya dalam rangka memproduksi produk yang diinginkan
pelanggan dari supplier dan pabrik hingga disimpan di gudang dan
pendistribusiannya ke sentra penjualan.
2. Mencapai efisiensi
aktivitas dan biaya seluruh sistem, total biaya sistem dari transportasi hingga
distribusi persediaan bahan baku, proses kerja dan barang jadi.
Empat Tahap Evolusi e-Business
1. Tahap Inform
Pada tahap awal ini, yang terjadi adalah
adanya unit-unit kecil di dalam perusahaan yang mulai mencoba membangun
program-program kecil (software) berbasis internet.
2. Tahap Automate
Tahap berikutnya adalah mencoba untuk
mengintegrasikan beberapa unit di dalam perusahaan yang masing-masing telah
mengimplementasikan konsep kecil e-business. Yang menjadi dasar penggabungan
modul-modul ini biasanya adalah sebuah rangkaian proses yang saling
berhubungan.
3. Tahap Integrate
Tahap selanjutnya dari pengembangan aplikasi
e-business adalah mengintegrasikan proses bisnis perusahaan dengan perusahaan
atau entiti-entiti lain yang ada di luar perusahaan.
4. Tahap Reinvent
Tahap terakhir di dalam evolusi dapat secara
efektif diimplementasikan jika ada perubahan paradigma mendasar dari manajemen
perusahaan, terutama yang berkaitan dengan cara mereka melihat bisnis yang ada.
Security Dalam E-Business
Security Beberapa metode pengamanan data dalam transaksi E-Commerce dan
E-Bussines yaitu Kriptografi Public Key yang merupakan sistem asimetris (tidak
simetris) menggunakan beberapa key untuk pengenkripsian yaitu public key untuk
enkripsi data dan private key untuk dekripsi data. Public key disebarkan ke
seluruh dunia sementara private key tetap disimpan. Siapapun yang memiliki
public key tersebut dapat mengenkripsi informasi yang hanya dapat dibaca oleh
seseorang yang memiliki private key walaupun anda belum pernah mengenal bahkan
tidak tahu sama sekali siapa yang memiliki public key tersebut. Contoh :
Elgamal , RSA , DSA.
Faktor-faktor keberhasilan E-Bussiness
Terdapat dua faktor penting dalam menetapkan keberhasilan
langkah-langkah untuk masuk dalam e-business :
Faktor pertama adalah tingkat kesesuaian dan dukungan aktivitas e-business atas
strategi keseluruhan perusahaan.
Faktor kedua adalah kemampuan untuk menjamin bahwa proses e-business memenuhi
tiga karakteristik kunci yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis apapun, yaitu :
Validitas, Integritas, dan Privasi.
Jadi pada konsepnya.. hal yang
penting dari E-business adalah yang pertama, teknologi informasi atau sering
disebut Internet, yang memungkinkan kita untuk melakukan transaksi bisnis
secara elektronik kapan saja dan dimana saja.
Namun pembuatan manajemen bisnis
berbasis online (E-Business) cukup komplek dan perlu diperhatikan sangat
mendetil, sebab saat ini kita (khususnya di Indonesia) tengah dalam masa
transisi market dari konfensional ke dalam jaringan bisnis online melalui media
start-up dan e-commerce. Diperlukan Inovasi, Wawasan (analytic), Training,
Customer Experience (Customer Insight), dan Retailers Excellence untuk
membangun Strategy E-Business.
DAFTAR PUSTAKA :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar